Selamat Jalan Pak Covey

“Kalau kamu hanya punya waktu terbatas untuk membaca buku self-improvement, sebaiknya baca satu buku saja yang berjudul ‘7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif’. Cukup itu, yang lain enggak dibaca juga nggak apa-apa deh”. Kalimat itu adalah permintaan saya pada beberapa orang karyawan yang sedang saya mentor beberapa tahun yang lalu.

Buku karya Stephen R. Covey itu saya baca ketika saya masih kuliah semester 2. In fact, buku itu adalah salah satu buku yang mengubah hidup saya. Sejak saat itu, saya menjadi salah seorang big fan nya Pak Covey. Saya baca hampir semua bukunya, termasuk First Thing First, Principal Centered Leadership, dan The 8th Habit. 

Saya turut mengucapkan dukungan saat beliau koma karena terjatuh dari sepeda ketika berolahraga. Meskipun itu hanya lewat facebook-nya beliau. Saya juga turut mengucapkan rasa syukur ketika beliau diberitakan telah kembali dari rumah sakit. Saya cukup terkejut ketika pada tanggal 16-Juli-2012 lalu mendengar kabar bahwa beliau meninggal, akibat dari side-effect kecelakaan yang menimpanya tersebut.

Buah pikiran Covey bersifat universal, tidak terbatas wilayah, umur, ideologi, maupun agama seseorang. Melalui bukunya, Covey mengajarkan saya untuk memahami orang lain yang memiliki sudut pandang yang berbeda, sehingga saya belajar untuk mampu menerima perbedaan dengan tetap memegang prinsip yang benar. Covey juga mengajarkan saya untuk bertindak pro-aktif ketimbang reaktif. Dalam hal kepemimpinan, ajaran Covey bahwa rumus Produktifitas = Motivasi x Pengetahuan, selalu saya terapkan setiap saat. Itu semua hanya sedikit dari begitu banyak hal yang saya pelajari dari beliau. Buat saya, dia adalah Guru Besar. Ini adalah sebuah kehilangan yang sangat besar bagi banyak orang, bahkan saya merasa sedih ketika menulis blog ini.

 Selamat jalan Pak Covey. Amal anda sudah begitu besar, kami semua mendoakanmu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s